Realisasikan Program ALUR, Bupati Indramayu Nina Agustina Rasionalisasi Alun Alun Pendopo

 


INDRAMAYU - Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Da'i Bactiar, S.H MH, C.R.A Realisasikan Program ALUR (Alun-Alun Rakyat). Diharapkan bisa dirasakan untuk kenyamanan dan kebahagiaan rakyat Indramayu sepenuhnya, rabu (2/3/22).

Revitalisasi yang rencananya di laksanakan pada 2022 tahun ini, Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina memiliki konsep rubah wajah alun alun menjadi taman terbuka hijau.

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina juga menginginkan alun-alun Indramayu merupakan ruang terbuka serta simbol masyarakat. Untuk itu, harus dikembalikan pada fungsi sebelumnya, menjadi tempat berkumpul dan tempat yang menyenangkan bagi masyarakat. 

“Diperlukan adanya upaya pembenahan untuk merevitalisasi Alun-Alun. Selain pembongkaran pagar Alun-Alun, konsep lainnya yang tengah disiapkan adalah menjadikan alun-alun milik rakyat. Pemkab Indramayu akan menata ulang alun-alun Indramayu agar bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas. Alun-alun Indramayu akan diberi nama alun-alun Puspawangi,” tuturnya.

Alun-alun Puspawangi akan dihiasai tanaman-tanaman dan taman yang cantik yang menebarkan wangi bunga.

Nina juga menjelaskan, revitalisasi alun-alun ini sejalan dengan visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, Hebat).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Indramayu, Ir. Aep Surahman mengatakan, revitalisasi alun-alun Puspawangi dimulai pada tahun 2022 dengan anggaran Rp 7, 377 milyar. Revitalisasi alun-alun puspawangi ini akan dilakukan disejumlah pekerjaan baik revitalisasi lapangan upacara, gapura, trotoar, saluran serta pembuatan kolam di area alun-alun puspawangi.

"Konsep alun-alun Puspawangi adalah alun-alun terbuka hijau yang nyaman dan asri bagi masyarakat Indramayu, "katanya.

Alun-alun Puspawangi akan menjadi salah satu destinasi wisata dan ikon Kabupaten Indramayu. Alun-alun yang asri, nyaman dan aman serta menjadikan masyarakat Indramayu berbahagia dan bangga dengan konsep tata kota yang baik. 

Pusat Kota yang asri dan nyaman ini akan semakin menguatkan kebahagiaan masyarakat Indramayu. Seperti diketahui, berdasarkan Indeks Pembangunan Keluarga (IBangga) yang dirilis pemerintah pusat dan provinsi. Masyarakat Kabupaten Indramayu tercatat sebagai warga yang paling bahagia se-provinsi Jawa Barat.

Ada tiga kriteria yang menjadi poin penilaian IBangga. Ketiga kriteria itu adalah Indeks Ketentraman, Indeks Kemandirian, dan Indeks Kebahagiaan. 

Sementara berdasarkan hasil penilaian, Kabupaten Indramayu memperoleh 56,40 untuk Indeks Ketentraman, 51,27 untuk Indeks Kemandirian dan Indeks Kebahagiaan sebesar 52,76.

Jika dirata-ratakan ketiga indeks itu tercatat sebesar 53,48 dan ini adalah nilai tertinggi di Jawa Barat. Hasil itu bahkan di atas nilai rata-rata IBangga Jawa Barat sendiri yaitu 52,34. 

Hal inilah yang membuat Kabupaten Indramayu menempati peringkat pertama IBangga dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. (Tomsus)

Next Post Previous Post