Jelang Panen Raya, Pemdes Tegaltaman Dipimpin Kuwu Makrus Hadi Priyatno Tinjau Area Pertanian dan akan Gelar Tradisi Mapag Sri

 


INDRAMAYUMenyambut datangnya panen raya padi,  Pemerintahan Desa (Pemdes) Tegaltaman Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu dibawah kepemimpinan Kepala Desa/ Kuwu Makrus Hadi Priyatno,  menggelar tradisi “Mapag Sri” atau syukuran. Pada hari Kamis (24/3/2022), Kuwu Tegaltaman, Makrus Hadi Prayitno bersama perangkat atau pamong desa, meninjau langsung area pertanian di desanya yang sudah menguning dan sebentar lagi memasuki panen raya.

 Usai meninjau area pesawahan, Kuwu Tegaltaman Makrus Hadi Prayitno kepada Kreator Jabar mengatakan,  hampir 100 persen warga desa Tegaltaman berprofesi sebagi petani atau pahlwan ketahanan pangan. Mereka turut mempertahankan nama kabupaten Indramayu sebagai wilayah lumbung padi di Jawa Barat. “Alhamdulilah, dimusim tanam tahun 2022 ini, hamparan tanaman padi di area pertanian desa Tegaltaman sudah mulai di panen dan akan memasuki  panen raya,” ujarnya.

Masih kata Makrus, dengan akan datangnya musim panen padi di desa Tegaltaman, pihak Pemdes juga akan segera menggelar tradisi/budaya yang sudah menjadi warisan nenek moyang, yakni Mapag Sri. “Tradisi Mapag Sri ini, sebagai wujud rasa syukur kepada  kepada sang kholiq (Tuhan,red),  atas limpahan rejeki yang diberikan kepada petani  di desa tegaltaman," jelasnya.(Warlan)

Next Post Previous Post