TP PKK Kecamatan Gantar Donasikan Ratusan Masker Kepada Masyarakat di Hari Libur

Editor:
Ilham Gunawan
 
Reporter: Alen Delon
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Gantar.


prokompimindramayu.blogspot.com, Indramayu - Menyikapi kelangkaan masker di tengah pandemi virus Covid-19, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Gantar, Titien K. Wahyono mengikuti instruksi dari TP PKK Kabupaten Indramayu, untuk melakukan gerakan donasi masker kain gratis kepada masyarakat umum.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang tidak bisa mendapatkan masker lantaran stoknya terbatas, sekalipun ada namun harganya melambung tinggi.

Sejumlah warga, kata Titien, banyak yang belum paham tentang kegunaan masker sebagai upaya pencegahan terhadap percikan droplet dari orang yang bersin atau batuk masuk ke dalam mulut dan hidung.

Titien juga menggerakkan kader TP PKK se-Kecamatan Gantar untuk ikut ambil bagian dan mengajak partisipasi masyarakat dalam gerakan donasi masker kain gratis tersebut.

"Banyak yang terlibat dalam gerakan ini, yakni Plt. Camat Gantar Edy Wahyono, Kuwu Desa Gantar, Kasi PMD,  Kasi Kesos dan pengurus PKK Kecamatan juga ibu2 Kampung KB Mandiri Blok Nambo Kecamatan Gantar," jelas Titin kepada prokompimindramayu.blogspot.com, Minggu (13/4/2020).

Tidak sebatas melibatkan TP PKK, Titien menjelaskan, bahwa gerakan ini juga membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut berdonasi dalam menyediakan masker bagi warga Gantar. Donasi bisa berupa uang, bahan kain, masker jadi, ataupun sukarelawan sebagai penjahit masker.

"Dalam kesempatan ini, kami membagikan sekitar 200 masker gratis kepada para pengendara jalan dan warga di permukiman. Kami mengharapkan agar semua pihak bisa saling support. Pemberdayaan masyarakat yang utama untuk sadar secara mandiri ikut dalam gerakan ini," ujarnya.

Titien mengatakan, pihaknya tengah mendata relawan jahit di wilayah yang melakukan produksi mandiri. Setelah diproduksi, masker kain akan dibagikan gratis untuk warga, berdasarkan pengajuan dari PKK Kelurahan dan Kecamatan. Pembagian diprioritaskan untuk masyarakat yang berkegiatan di tempat umum, seperti pasar, stasiun, dan sebagainya.

"Masker kain dibungkus dan disertakan selembaran imbauan dan edukasi tentang cara pakai dan cara cuci masker kain," imbuhnya.

Dalam hal ini, Plt Camat Gantar Edy Wahyono, juga turut mengimbau masyarakatnya agar menggunakan masker, Edy mengingatkan agar warga selalu menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan yang diserukan oleh Pemerintah m, berkaitan dengan upaya pencegahan penularan virus Covid-19. 

"Selain itu juga terapkan physical distancing, media social distancing, pakai masker untuk menghindari droplet, selalu merasa bahagia (positif thinking), istirahat cukup dan yang tak kalah penting terus berikhtiar dan berdoa," pungkasnya.
Next Post Previous Post