Profil Dalang H. Rusdi

Ki Dalang H. Rusdi lahir di Lohbener, 10 Januari Tahun 1963, Beliau dibesarkan di keluarga Seniman. Beliau merupakan anak dari dalang Kondang di Indramayu yaitu Dalang Rasmin.  oleh karena itu Ki Dalang H. Rusdi pada tahun 1982 mendirikan sebuah goup kesenian wayang kulit bernama "LANGEN BUDAYA". Pada saat itu Ki Dalang H. Rusdi diberikan Julukan "Dalang Cilik Indramayu".
Pada Tahun 1986 Ki Dalang H. Rusdi ditawari Rekaman Oleh Rumah Produksi "DIAN RECORD". yang membawakan lakon Pakem / Galur yaitu "SANGYANG MUMED TURUN AMPAH". selain lakon tersebut masih banyak lagi karya Beliau yang di abadikan dalam bentuk format Kaset dan CD.
Ki Dalang H. Rusdi membawakan Jenis wayang Indramayu. Di dalam Pakeliran tersebut sangat atraktif ,Inovatif dan disisipi nilai - nilai moral. selain itu di dalam Pakelirannya membawakan Cerita Ramayana dan mahabarata. Namun untuk pertunjukan umummnya beliu terkadang sering menampilkan cerita Karangan / Carang. sebagai bentuk kreatifitas dalang. dan biasanya lakon Karangan selalu diminati di berbagai kalangan masyarakat, dari berbagai latar belakang. Contoh Lakon Karangan/Carang diantaranya, Cungkring Jadi Raja, Semar Memantu, Cungkring Kawin, Semar Naik haji dan masih banyak lagi. Dan Perlu diketahui wayang Indramayu juga bersifat jenaka atau dalam pementasan sering di sisipkan humor yang segar, sehingga masyarakat sangat tertarik untuk menonton pertunjukan tersebut. selain itu juga pesan moral agama tak kala penting untuk disisipkan. 


Next Post Previous Post